Sejarah

Sejarah Singkat Berdirinya SMK Muhamadiyah Kramat
Yang melatar belakangi berdirinya STM Muhammadiyah Kramat yaitu pada Tahun 1997 di kecamatan Kramat Kabupaten Tegal dan sekitarnya (Kecamatan Suradadi, Kecamatan Tarub, Kecamatan Pangkah, dan Kecamatan Talang) belum ada STM, padahal animo masuk STM pada waktu itu lebih baik dari pada masuk SMA. Faktor-Faktor yang mendukung antara lain :

  1. Tamatan STM disamping mudah mendapat kesempatan bekerja juga mudah untuk meneruskan ke Perguruan Tinggi Negeri.
  2. Tamatan SMP/MTs yang akan melanjutkan ke STM harus datang ke STM ADB (Sekarang SMK Negeri 1 Adiwerna) dan ke STM di Kota Tegal dengan jarak tempuh yang jauh.
  3. Yayasan-yayasan Swasta sangat sulit untuk mendirikan STM karena mahalnya sarana dan prasarana, terutama penyelenggaraan peralatan praktik dan workshopnya. Sudah ada beberapa usaha swasta yang mendirikan STM, tetapi tidak dapat bertahan lama. Dalam suasana seperti itu muncullah gagasan berdirinya STM Muhammadiyah di Kecamatan Kramat yang diprakarsai oleh warga Muhammadiyah yang bertugas sebagai guru- guru STM Negeri dan para Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kemantran. Pertemuan pertama Panitia Pendirian SMK Muhammadiyah Kramat dilaksanakan di SD Muhammadiyah Kemantran.

Adapun susunan panitia adalah sebagai berikut:

NoNama Jabatan
1M. Dja’far, BA.Ketua
2Ratono, BA.Wakil Ketua
3Ngatijan ASSekretaris
4Kasnan YunusBendahara
5Drs. Budi MulyantoAnggota (Guru STM ADB)
6Drs. GunawanAnggota (Guru STM ADB)
7Dsr. Samsul MutasodirinAnggota (Guru STM ADB)
8SodikinAnggota (Diksadmen PCM Kemantran)

Pertemuan selanjutnya bertempat di SD Muhammadiyah Kemantran dan dengan bekerjasama dengan STM ADB. Semua sarana prasarana dan tenaga edukatif termasuk Kepala Sekolah, tenaga administrasi telah siap dan diputuskan hari H untuk diresmikan dan juga dipublikasikan sebagai STM Muhammadiyah Kramat dengan 2 Jurusan pada waktu itu yaitu: Teknik Otomotif dan Teknik Elektronika. STM Muhammadiyah Kramat didirikan pada tanggal 19 Juni 1997 dengan SK Pendirian yang dikeluarkan oleh Dinas P dan K Provinsi Jawa Tengah. Upacara peresmiannya diadakan pada tanggal 1 juli 1997 dengan pembina Bapak Saefudin, S.Ag., yang merupakan Kepala Sekolah pertama.

Tahap-Tahap Pengembangan
Tahap 1 :
Dilaksanakan di Komplek Perguruan Muhammadiyah SD Muhammadiyah Kemantran dengan alat praktek seadanya. Alhamdulillah animo lulusan SMP/MTs yang tidak tertampung di STM ADB dan STM di Kota Tegal mau bersekolah di STM Muhammadiyah Kramat dan siswa pertama berjumlah 120 siswa yang terdiri dari 85 siswa jurusan Teknik Otomotif dan 35 siswa jurusan Teknik Elektonika.
Tahap 2 :
STM Muhammadiyah Kramat, pada tahun 1998 dengan dana gotong royong oleh warga Muhamamdiyah mulai membangun gedung pertama (4 ruang kelas) dan mulai membuat bengkel Otomotif dan Bengkel Elektronika.
Tahap 3 :
Alhamdulillah sekarang sudah terwujud, walaupun disana-sini masih banyak yang perlu ditingkatkan, terutama tentang kelengkapan peralatan praktik. Tetapi dipandang dari fisik pergedungannya untuk sekolah SMK swasta di kabupaten Tegal termasuk sudah memadai. Nilai Akreditasi Ulang tahun 2008 SMK Muhammadiyah Kramat mendapat nilai 87 (nilai tertinggi 100).

Pejabat Kepala Sekolah Secara Berturut-turut Adalah:

NoNamaTahun
1Saefudin, S.Ag.1997 s.d 2000
2H. Ratono, BA.2000 s.d 2008
3Saefudin, S.Ag., M.Pd.I2008 s.d 2012
4Abdul Wahid, S.Kom.2012 s.d 2013
5Sahudi, S.T2013 s.d Sekarang