Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

Pertama kali Ujian Sekolah ISMUBA berbasis Android

Pada hari Rabu sampai Jum'at tanggal 20-22 Maret 2019 SMK Muhammadiyah Kramat mengadakan Ujian Sekolah Mapel ISMUBA (Al Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab) berbasis android.

Hal ini merupakan ujian sekolah berbasis android yang pertama kali dilakukan SMK muhamka.

Sebelum melaksanakan Ujian Sekolah berbasis android ini, pihak sekolah mendata spesifikasi smartphone yang digunakan setiap siswanya. Spesifikasi yang didata meliputi merk smartphone dan RAM. Hal tersebut dilakukan karena untuk dapat melaksanakan USBA, setiap siswa minimal menggunakan smartphone dengan RAM lebih dari 1GB dan diharuskan mendownload aplikasi Exambro pada Play Store.

Bagi siswa yang tidak memiliki smartphone maupun memiliki smartphone namun RAM yang ada tidak mencukupi, maka pihak sekolah memfasilitasi dengan menyediakan 3 ruang LAB dengan masing-masing berisi 35 PC untuk membantu siswa dalam melaksanakan ujian sekolah. Selama pelaksanaan USBA ISMUBA, tidak ada masalah serius yang terjadi. Dikarenakan sebelumnya sudah dilaksanakan simulasi pada tanggal 16 Maret 2019 untuk mengecek koneksi jaringan dan kondisi smartphone para siswa.

Beberapa siswa mengatakan dengan ujian berbasis android ini, lebih mudah dalam mengoperasikan dan mengerjakan soal dikarenakan siswa tidak perlu mengisi identitas.  Sistem USBA ini hampir sama dengan USBN, siswa hanya memasukkan username dan password yang telah dibuatkan oleh panitia berdasarkan nama siswa dan jurusan. Selanjunya siswa memilih mata pelajaran yang diujikan, dan memasukkan quis password untuk dapat mengerjakan soal pada mata pelajaran yang diujikan. Soal yang dikerjakan oleh setiap siswa juga dibuat dengan urutan yang berbeda, karena adanya pengacakan urutan soal oleh sistem. Pengacakan soal tersebut dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kerja sama antar siswa saat mengerjakan ujian.